Selasa, 02 Oktober 2012

Perbandingan Pendidikan


Potret Sistem Pendidikan di Australia
A.      Potret Sistem Pemerintahan
Australia merupakan suatu Negara dengan demokrasi parlementer, anggota persemakmuran dan secara formal tunduk pada kekuasaan raja dan ratu Inggris yang diwakili oleh seorang Gubernur ke enam negara bagiannya, semua bagiannya bersama-sama membentuk suatau Federasi” persemakmuran Australia (Comman wealth of Australia)”.
Pemerintahan Australia didasarkan pada parlemen yang dipilih secara populer dengan dua majelis: dewan perwakilan dan senad. Para menteri yang diangkat dari kedua majelis ini menjalankan fungsi eksklusif, dan keputusan kebijakan dibuat dalam rapat-rapat kabinet. Selain pengumuman keputusan diskusi kabinet disebarluaskan. Para menteri terikat oleh prinsip solideritas kabinet, yang sangat mencerminkan model Inggris yakni kabinet bertanggungjawab kepada parlemen.
B.       Kondisi Demografi dan Potensi Income Negara
Letak astronomi benua Australia: 113 BT-155BT dan 10 LS-43LS, luas benua Australia 7.686. 850 km2, Ibu kota Australia Canberra, batas-batas benua Australia diantaranya:
-            Barat : Samudera Hindia (Samudera Indonesia).
-            Timur : Samudera Pasifik.
-            Utara : Laut Timur dan Laut Arafuru.
-            Selatan : Samudera Hindia.
Negara-negara bagian Australia diantaranya : New South Walles ibukota Sydney, Queensland ibukota Brisbane, Australia Barat ibukota Perth, Australia Selatan ibukota Adelaide, Victoriah ibulota Melbrone dan sebagainya.
Australia sangat jarang penduduknya, berpenduduk hanya 18.783.551 jiwa(world almanac 2000). Tetapi oleh karena itu daerah bagian dalam australia yang sangat kering dan tandus, penduduk berkonsentrasi di daerah-daerah pantai yang tidak begitu luas. Lebih dari 70% penduduk tinggal di daerah perkotaan, terutama di dua kota besar sydney dan melbourne yang menampung hampir 40% dari seluruh penduduk australia. Tiga kota besar lainnya brisbane, perth dan adelaide menampung kurang lebih 21%. Terkonsentrasinya penduduk di ibukota-ibukota bagian menunjukkan pula sistem administrasi pemerintahan yang tersnetralisasi, termasuk pula sistem pendidikannya.

C.      Filsafat Pendidikan Yang Dijadikan Dasar Pengembangan Pendidikan
Orang australia bangga akan percampuran multi budaya yang ada di kota-kota mereka, baik besar maupun kecil mereka sangat menghargai perbedaan tidak ada larangan bagi setiap orang yang beragama untuk menjalankan agamanya masing-masing. Dengan dasar inilah pengembangan pendidikan di australia diserahkan kepada masing-masing sekolah untuk mengembangkan pendidikannya, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat lokal. Pemerintah hanya memberi pedoman yang berupa tujuan umum pendidikan yang kemudian dikembangkan oleh masing-masing lembaga. Sedangkan untuk lembaga pendidikan agama dikelola oleh pihak swasta tidak ada kurikulum yang pasti dalam pendidikan agama.
D.      Kebijakan Strategis Negara Dibidang Pendidikan
Pendanaan pendidikan merupakan tanggungjawab yang bersifat amalgam yaitu gabungan dari berbagai sumber dana. Negara punya tanggungjawab utama membiayai pendidikan prasekolah, sekolah dasar dan mengah negeri serta menyediakan bantuanbagi sekolah-sekolah swasta termasuk prasekolah swasta (TK). Pemerintah commonwealt mempunyai tanggungjawab penuh atas pembiayaan universitas dan institut Cae, dan memberikan dana-dana tambahan bagi pendidikan prasekolah, sekolah negeri dan swastta serta TAFE.

E.       Kebijakan Negara Terhadap Pendidikan Agama Islam
Sekolah islam bukanlah sesuatu yang baru dalam sejarah islam di australia. Bersamaan dengan pertumbuhan islam dan masyarakat muslim di benua Kanguru, lembaga pendidikan islam, sejak dari nonformal seperti ”Saturday of sunday school”. Pengajian anak-anak pada sabtu dan minggu sampai sekolah islam terus berkembang. Istilah ‘madrasah’ tidak populer dan hampir tidak digunakan sebagai salah satu bentuk lembaga pendidikan islam.
Sudah menjadi komitmen universitas-universitas di seluruh australia yang selalu berusaha memastikan bahwa mahasiswa-mahasiswa mereka yang beragama islam sebagaimana dengan mahasiswa latar belakang budaya lain untuk memperoleh kebebasan dalam menjalankan agama mereka masing-masing dalam area kampus. Umumnya di setiap universitas di bentuk wadah pendukung dan sosial yang khusus di tunjukkan untuk membantu mahasiswa muslim di Australia, selain itu juga hadirnya perkumpulan-perkumpulan mahasiswa internasional yang umum. Orang Australia bangga akan percampuran multi budaya di kota-kota mereka.[1]

Sekolah Islam terebut pada dasarnya sudah menerapkan kurikulum negara bagian, sesuai dengan standar nasional mata pelajaran-mata pelajaran umum. Dengan demikian mereka mendapat akreditasi dari badan akreditas, selanjutnya berhak menerima subsidi dari pemerintah. Akan tetapi, seperti diungkapkan profesor Saeed, bahwa berbagai mata pelajaran agama (islam) tidak memiliki kurikulum atau standar baku. Tidak ada otoritas dikalangan muslim australia yang merumuskan sendiri kurikulum berbagai mata pelajaran agama.
F.       Pengembangan kurikulum  dan pengembangan tenaga kependidikan
Suatu kecenderungan pada semua sistem sekolah negeri diaustralia sejak awal 1970an adalah pendelegasian tanggung jawab kurikulum kepada sekolah-sekolah, pada beberapa negara bagian, pedoman kurikulum dibuat terpusat  tetapi sekolah-sekolah dapat mengadaptasikannya untuk memenuhi tuntunan dan kebutuhan lokal.
 Dalam hal kurikulum disusun berdasarkan pedoman dan materi pelajaran dari pejabat-pejabat senior dari pusat secara teratur mengunjungi sekolah-sekolah antara lain untuk memonitor pelaksanaan kurikulum.
Hampir semua guru pra-sekolah dan pendidikan dasar seperti kebanyakan guru-guru sekolah menengah dididik pada CAE (calleges of advanced education). Seumlah guru-guru sekolah menengah dan beberapa guru pendidikan dasar mendapat pendidikan di universitas. Sebagian guru-guru swasta mendapatkan pendidikan pada sekolah-sekolah pendidikan guru yang dikelola oleh badan-badan keagamaan. Lamanya guru-guru pra-sekolah dan pendidikan dasar biasanya 4 tahun, semua sistem sekolah memberikan kesempatan kepada guru-guru untuk mendapatkan pendidikan dalam jabatan (inservice education) termasuk peningkatan kualifikasi atau ijasah dengan menyelesaikan kuliah-kuliah yang disetujui terlebih dahulu.
G.      Sistem Penjenjangan Yang Dikembangkan
Sistem pendidikan diaustralia menempati tahapan antara lain:
1.      Pendidikan pra-sekolah
2.      Jenjang pendidikan menengah
3.      Jenjang pendidikan tinggi



2 komentar:

  1. 'tatanium belly ring' | T-Shirt
    T-Shirt Details: T-Shirt infiniti pro rainbow titanium flat iron Details: T-Shirt titanium white rocket league Details: titanium forging T-Shirt Details: T-Shirt Details: T-Shirt Details: T-Shirt Details: T-Shirt Details: titanium dioxide T-Shirt citizen eco drive titanium watch Details: T-Shirt Details: T-Shirt Details: T-Shirt  Rating: 5 · ‎9 votes

    BalasHapus